VIVAbola - Indonesia dipastikan gagal melaju ke putaran final Piala Asia 2015, Australia. Di laga terakhir yang berlangsung di Stadion Prince Mohd Bin Fahd, Indonesia harus menelan pil pahit karena kalah dengan skor tipis 0-1 dari Arab Saudi.

Hasil itu menempatkan Indonesia di peringkat terbawah klasemen akhir Grup C. Pasukan Merah Putih hanya meraih 1 poin dari 5 laga yang mereka jalani.

Ini menjadi kegagalan kedua Indonesia untuk lolos ke Piala Asia. Sebelumnya, Indonesia gagal tampil di Piala Asia edisi 2011 silam di Qatar.

"Dengan ini, kami langsung mempersiapkan diri menatap Piala AFF 2014 di Singapura nanti," kata Asisten Pelatih Timnas Indonesia, Widodo Cahyono Putro, lewat pesan singkatnya, Kamis 6 Maret 2014.

Persiapan Indonesia untuk menyambut Piala AFF memang harus dimulai sejak dini. Pasalnya, PSSI serta Badan Tim Nasional (BTN) telah memancangkan target juara kepada Alfred Riedl jika ingin tetap aman duduk di kursi kepelatihan timnas.

Dan demi memenuhi target itu, beberapa laga uji coba telah dijadwalkan oleh PSSI dan BTN. Terdekat, Indonesia akan melakoni uji coba pada interval 20 Maret hingga 11 April 2014.

Sekitar tiga laga uji coba akan dijalani Indonesia di periode tersebut. Dan tiga tim yang akan dihadapi adalah Andorra, Kuba, dan salah satu klub asal Spanyol yang masih dirahasiakan.

"Uji coba yang sudah disiapkan cukup positif. Dengan uji coba kami bisa memantau perkembangan tim. Dari segi pemain, mereka bisa mendapatkan pengalaman baru dan jam terbang lebih tinggi. Yang pasti, demi menyambut Piala AFF 2014 persiapan kami harus sangat matang," ungkap Widodo.

Dijadwalkan, timnas Indonesia akan pulang ke tanah air pada Kamis malam nanti. Dan mereka baru akan tiba pada Jumat 7 Februari 2014 pagi.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top